Selasa, 18 Juni 2013

perilaku konsumen


Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.
Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber daya nya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
Analisis tentang berbagai factor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Ya, pemasar memang wajib memahami konsumen, seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.

Alasan mempelajari perilaku konsumen antara lain :
1.       Analisis ini akan membantu para manajer untuk :
·         Mendesain bauran pemasaran
·         Mensegmen pasar bisnis
·         Memposisikan dan mendiferensisikan produk
·         Melaksanakan analisis lingkungan
·         Mengembangkan studi riset pasar
2.       Perilaku konsumen harus memainkan peranan yang penting dalam pengembangan kebijakan public.
3.       Studi terhadap hal ini akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
4.       Analisis konsumen memberikan pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia
5.       Studi perilaku konsumen juga memberikan tiga jenis informasi :
·         Orientasi konsumen
·         Fakta fakta tentang perilaku manusia
·         Teori teori yang menjadi pedoman proses pemikiran
Terkait dengan perilaku konsumen, maka terkait pula dengan prinsip 5w+1H :
·         Why : mengapa mendapatkan barang/jasa tersebut?
·         What : berupa apa barang/ jasa tersebut?
·         Who : siapa yang mendapatkan barang/jasa itu?
·         When : kapan bisa didapatkan barang/jasa tersebut?
·         Where : dimana barang/jasa tersebut bisa didapatkan?
·         How : bagaimana barang/jasa tersebut didapatkan?



Pendekatan Konsumen dibagi menjadi 2 , yaitu :
1.       Pendekatan Marginal Utility
Pendekatan ini bertitik tolak pada anggapan bahwa kepuasan (utility) setiap konsumen bisa diukur dengan uang atau dengan satuan lain, sehingga konsumen selalu berusaha mencapai kepuasan total yang maksimum.

2.       Pendekatan Kurva Indiferen
Kurva indiferen adalah kurva yang menunjukkan kombinasi konsumen antara dua macam barang, yang memberikan tingkat kepuasan sama bagi konsumen. Kurva indiferen memiliki beberapa ciri atau sifat antara lain.

Berikut contoh perumpamaan nya :
Roy, mahasiswa universitas swasta terkenal dijakarta (who) ingin membeli (how) Nokia E90 (what). Ia ingin membelinya karena HP teman teman Roy canggih semua (Why) dan ia berencana membelinya akhit minggu ini setelah mendapatkan uang saku dari orang tua (When) di pusat perdagangan HP di dekat kampusnya ( where ). jadi mempelajari 5W+1H ini merupakan inti dari perilaku konsumen.
Menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam saladin terdapat tiga factor yang mempengaruhinya, yaitu:
·         Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas social, keluarga dan situasi,
Dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka.
·         Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup dan demografi.
·         Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku dan ketiga factor tersebut menambah minat utama sebagai factor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar