Perilaku
konsumen adalah
perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai,
mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.
Definisi
lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber daya nya yang
terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang
diinginkan.
Analisis
tentang berbagai factor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam
pengembangan strategi pemasaran. Ya, pemasar memang wajib memahami konsumen,
seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil
keputusan.
Alasan
mempelajari perilaku konsumen antara lain :
1. Analisis ini akan membantu
para manajer untuk :
· Mendesain bauran pemasaran
· Mensegmen pasar bisnis
· Memposisikan dan
mendiferensisikan produk
· Melaksanakan analisis
lingkungan
· Mengembangkan studi riset
pasar
2. Perilaku konsumen harus
memainkan peranan yang penting dalam pengembangan kebijakan public.
3. Studi terhadap hal ini akan
memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih efektif
4. Analisis konsumen memberikan
pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia
5. Studi perilaku konsumen juga
memberikan tiga jenis informasi :
· Orientasi konsumen
· Fakta fakta tentang perilaku
manusia
· Teori teori yang menjadi
pedoman proses pemikiran
Terkait
dengan perilaku konsumen, maka terkait pula dengan prinsip 5w+1H :
· Why : mengapa mendapatkan
barang/jasa tersebut?
· What : berupa apa barang/
jasa tersebut?
· Who : siapa yang mendapatkan
barang/jasa itu?
· When : kapan bisa didapatkan
barang/jasa tersebut?
· Where : dimana barang/jasa
tersebut bisa didapatkan?
· How : bagaimana barang/jasa
tersebut didapatkan?
Pendekatan
Konsumen dibagi menjadi 2 , yaitu :
1. Pendekatan Marginal Utility
Pendekatan
ini bertitik tolak pada anggapan bahwa kepuasan (utility) setiap konsumen bisa
diukur dengan uang atau dengan satuan lain, sehingga konsumen selalu berusaha
mencapai kepuasan total yang maksimum.
2. Pendekatan Kurva Indiferen
Kurva
indiferen adalah kurva yang menunjukkan kombinasi konsumen antara dua macam
barang, yang memberikan tingkat kepuasan sama bagi konsumen. Kurva indiferen
memiliki beberapa ciri atau sifat antara lain.
Berikut
contoh perumpamaan nya :
Roy,
mahasiswa universitas swasta terkenal dijakarta (who) ingin membeli (how) Nokia
E90 (what). Ia ingin membelinya karena HP teman teman Roy canggih semua (Why)
dan ia berencana membelinya akhit minggu ini setelah mendapatkan uang saku dari
orang tua (When) di pusat perdagangan HP di dekat kampusnya ( where ). jadi
mempelajari 5W+1H ini merupakan inti dari perilaku konsumen.
Menurut James F. Engel – Roger
D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam saladin terdapat tiga factor yang
mempengaruhinya, yaitu:
· Pengaruh lingkungan, terdiri
dari budaya, kelas social, keluarga dan situasi,
Dasar
utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk
individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka.
· Perbedaan dan pengaruh
individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap,
kepribadian, gaya hidup dan demografi.
· Proses psikologis, terdiri
dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku dan
ketiga factor tersebut menambah minat utama sebagai factor yang turut
mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar